Cara Mengunci File PDF Agar Tidak Bisa Disalin atau Dicetak

Hai, sobat!
Sampai saat ini PDF masih cukup populer dan sering kita jumpai dalam aktivitas perkantoran, pendidikan, dan lain-lain. Biasanya sangat erat kaitannya dengan ebook alias buku digital, karena sejauh ini banyak dari berbagai kalangan yang membagikan buku digitalnya dengan format tersebut, terutama dari kalangan penerbit.

Dikatakan cukup populer karena beberapa alasan seperti mudah dibuka pada perangkat apa saja, bisa dikunci agar tidak bisa disalin bahkan tidak bisa dicetak, dan sebagainya. Nah, pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai cara menguncinya.

Pada kasus tertentu, misalnya ada penyalahgunaan file yang dimanfaatkan untuk membajak buku dan mencuri isi konten melalui budaya copy-paste. Memang itu hal lumrah bahkan sulit untuk dihilangkan, tapi dapat merugikan orang yang susah payah membuat kontennya. Maka untuk menghindari hal tersebut, sobat harus menguncinya, apalagi file tersebut bersifat penting.

Cara untuk mengunci bisa sobat lakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi. Aplikasi yang bisa digunakan salah satunya adalah PDF-XChange Editor.

Berikut ini cara menguncinya :

1. Buka aplikasi PDF-XChange Editor
2. Klik file, pilih open kemudian klik browse, lalu cari sekaligus pilih file PDF yang akan dikunci
3. Klik file, pilih document properties kemudian klik security
4. Pada security method pilih password security
5. Pada kolom compatibility silakan sobat pilih acrobat X and later
6. Centang pada bagian tulisan restrict editing and printing, lalu ketikkan password pada kolom change permission password dan kolom confirm change permission password,
7. Pada kolom printing pilih not allowed
8. Klik ok, kemudian simpan dengan menekan ctrl + s di keyboard. Bila penguncian berhasil, maka judul file akan ditandai dengan tulisan secured pada bagian atas tengah. Selesai.

Sebagai tambahan, sisipkanlah watermark (tanda air) dalam file pdf tersebut sebelum dikunci. Agar dapat meminimalisir tindakan pencurian konten secara maksimal.

Berikut ini contoh pdf yang menggunakan watermark bertuliskan do not copy :



Demikian tutorial cara mengunci file pdf agar tidak bisa disalin atau dicetak.
Semoga bermanfaat ...
Donasi melalui paypal Bantu berikan donasi jika bacaannya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.tamapedia.com.

Berlangganan bacaan terbaru melalui email:

Buka Komentar

Hai sobat! sebaiknya baca peraturan komentar terlebih dahulu :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel