5 Rekomendasi dalam Mengirim Tulisan ke Media Online atau Penerbit

Hai, sobat!
Dalam dunia tulis menulis, mengirim tulisan ke media online atau penerbit adalah hal yang sering dilakukan oleh para penulis dengan maksud untuk mencapai tujuan tertentu. Ada yang ingin mendapatkan imbalan, ada pula yang sekadar menyumbang tulisannya agar dibaca oleh publik.

Saat ini, sudah banyak media online atau penerbit yang membuka ruang bagi para penulis untuk mengirim karya tulisan berbentuk fiksi maupun nonfiksi. Biasanya media online tersebut akan memberikan royalti berupa uang tunai, buku, atau yang lainnya bila tulisan yang telah kita kirim dinyatakan lulus seleksi sekaligus akan dimuat dalam bentuk cetak maupun digital.

Sobat bisa mencoba kirim tulisan terbaik ke beberapa media seperti gramedia, Poetry Publisher, dan lain-lain. Namun, sobat perlu memperhatikan 5 rekomendasi berikut ini terlebih dahulu agar peluang diterimanya semakin besar :

1. Tulisan diketik dengan rapi

Tulisan yang rapi akan mendapatkan poin tambahan, yang memungkinan peluang diterimanya tulisan menjadi lebih besar. Karena memiliki manfaat yaitu mudah dibaca. Usahakan jangan ada kalimat yang mengandung typo. 

Contoh :
Ibu sedang membuat sayur soap
Seharusnya :
Ibu sedang membuat sayur sup
Perhatikan contoh tersebut. Kegagalan dalam penulisan kalimat yang benar, akan berdampak kesalahpahaman terhadap penafsiran makna.

Kata soap berasal dari bahasa inggris yang bermakna sabun. Jadi, bila menulis kalimat seperti contoh di atas jelas bermakna bahwa seorang ibu sedang membuat sayur sabun.

Berbeda dengan kalimat yang tak mengandung typo, bermakna bahwa seorang ibu sedang membuat sayur sup, bahwa sup itu artinya didalamnya terdapat berbagai macam sayuran, jagung, dan lain-lain.

Kemudian bicara mengenai penggunaan kata, bila sobat belum menguasainya tak menjadi masalah. Karena sejauh ini, jarang sekali media yang mensyaratkan bahwa penggunaan kata harus tepat. Yang terpenting tulisan diketik rapi dan mudah dibaca terlebih dahulu. Masalah penggunaan kata biasanya urusan editor dari tiap-tiap media. Namun, bila sobat menguasainya, akan menjadi kelebihan tersendiri.

Contoh penggunaan kata yang tidak tepat  :
Tama berada dimultatuli
Sebaiknya diubah menjadi :
Tama berada di Multatuli
2. Simpan tulisan dalam format .doc atau .docx

Tulisan sobat harus diketik menggunakan aplikasi microsoft office word agar dapat disimpan dalam format .doc atau .docx. Bila ingin menggunakan aplikasinya pada smartphone, silakan pasang terlebih dahulu di play store.

Mengapa harus format .doc atau .docx? bisakah menggunakan format lain seperti .rtf, .txt, dan sebagainya? karena format .doc atau .docx sangat popular, banyak media yang menggunakan aplikasi microsoft office word karena mudah untuk melakukan proses penyuntingan. Sobat bisa menggunakan format selain .doc atau .docx, tetapi peluang diterimanya kemungkinan akan berkurang bahkan sama sekali tidak akan diterima.

3. Membuat surat pernyataan orisinalitas karya atau tulisan

Surat ini sebenarnya jarang dimasukkan ke dalam syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh media, tetapi bila sobat sedikit mau berusaha, maka akan menambah poin yang dapat membuat peluang diterimanya tulisan menjadi lebih besar.

Contoh surat pernyataan orisinalitas karya :
SURAT PERNYATAAN ORISINALITAS KARYA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama lengkap : ........................................
Nomor identitas : .....................................
Tempat & tanggal lahir : ..........................
Alamat : ...................................................
Nomor telepon : .......................................

Dengan ini menyatakan bahwa tulisan berjudul “.............................................” belum pernah dipublikasikan dan belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan di tingkat Regional, Nasional atau Internasional sebelumnya serta tidak mengandung unsur plagiat di dalamnya.

Demikianlah pernyataan ini dibuat dalam keadaan sadar dan tanpa ada unsur paksaan dari siapapun. Jika di kemudian hari ditemukan ketidakbenaran informasi, maka saya bersedia menanggung segala sanksi yang diberikan.

Kota, (tanggal) (bulan) (tahun)
Yang menyatakan,

(Tanda tangan sekaligus materai 6000)

Nama Lengkap 
Silakan, sobat ambil file suratnya klik di sini 

Setelah mengisi surat pernyataan, cetak terlebih dahulu, setelah dicetak kemudian scan. Hasil scan biasanya bermacam-macam format, ada yang .pdf, .jpg, dan lain-lain. Kami merekomendasikan format .pdf atau .jpg saja, karena ukurannya kecil sehingga tidak memberatkan pada saat proses kirim file suratnya.

Oh iya, kini untuk melakukan scan tersebut cukup manfaatkan aplikasi khusus scan yang tersedia banyak di play store.

4. Penuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh media

Setiap media memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda, oleh karena itu pastikan sobat baca terlebih dahulu syarat dan ketentuannya secara teliti, kemudian usahakan semuanya dipenuhi.

Syarat dan ketentuan yang paling sering dijumpai antara lain sebagai berikut :

  • Melampirkan biodata narasi
  • Maksimal kata dalam tulisan
  • Ukuran font, spasi, 
  • dan lain-lain

5. Buat kata pengantar pada saat mengirim tulisan

Kata pengantar memiliki nilai lebih, sebab dapat menegaskan dan menjelaskan tujuan dikirimnya tulisan kepada media.

Surat pernyataan orisinalitas dan naskah harus dikirim dalam bentuk lampiran, sedangkan kata pengantar cukup ditulis pada badan email ketika hendak mengirim tulisan.

Contoh kata pengantar mengirim tulisan ke media untuk dimuat :
Kepada YTH
Pimpinan Redaksi
.......................................
Di ..................................

Saya bermaksud mengirimkan tulisan berjudul "...................." untuk dapat dimuat dalam bentuk cetak maupun digital. Bila dalam waktu 2 bulan tidak dimuat, maka tulisan saya tarik kembali. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

(Nama kota), (tanggal) (bulan) (tahun)
Hormat saya



(..............)
Contoh kata pengantar mengirim tulisan ke media untuk diikutsertakan dalam lomba :
Kepada YTH
Panitia penyelenggara ............................... 
Di ..............................................................

Saya bermaksud mengirimkan tulisan berjudul "............................." untuk dapat diikutsertakan dalam ajang lomba ini. Semua syarat dan ketentuan telah saya penuhi. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

(Nama kota), (tanggal), (bulan), (tahun)
Hormat saya



(..............)
Demikian 5 rekomendasi yang kami sampaikan.
Sebagai catatan, bahwa 5 rekomendasi itu tidak menjamin tulisan diterima sekaligus dinyatakan lulus seleksi, karena para media atau penerbit memiliki pertimbangan dan keputusan yang berbeda-beda.
Akan tetapi, 5 rekomendasi itu merupakan cara agar tulisan yang dikirim memiliki keunggulan lebih dan berpotensi secara maksimal untuk dapat diterima sekaligus dinyatakan lulus seleksi. 

Nah, silakan coba sobat terapkan rekomendasi tersebut. Semoga berhasil ...

Bila sobat memiliki cara yang lebih jitu, jangan lupa berbagi di kolom komentar, ya.
Donasi melalui paypal Bantu berikan donasi jika bacaannya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.tamapedia.com.

Berlangganan bacaan terbaru melalui email:

Buka Komentar

Hai sobat! sebaiknya baca peraturan komentar terlebih dahulu :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel